(0362) 92380
gerokgak@bulelengkab.go.id
Kecamatan Gerokgak

Keterampilan Masyarakat dan Keluarga dalam Pemanfaatan Lahan Pekarangan

Admin gerokgak | 08 November 2017 | 481 kali

Rumah Pangan Lestari (RPL), yaitu sebuah program pemerintah untuk masyarakat dalam hal pemanfaatan pekarangan rumah. Rumah Pangan Lestari adalah rumah penduduk yang mengusahakan pekarangan secara intensif untuk dimanfaatkan dengan berbagai sumberdaya lokal secara bijaksana yang menjamin kesinambungan penyediaan bahan pangan rumah tangga yang berkualitas dan beragam.
Selasa (07/11),pkl 13.00 wita bertempat di Ruang Rapat Kantor Camat Gerokgak,melaksanakan koordinasi penumbuhan kawasan rumah pangan lestari acara ini dibuka Camat Gerokgak (Putu Ariadi Pribadi,S.STP, M.A.P),yang dihadiri oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Buleleng (Drh.Nyoman Surya Temaja,MP) beserta staf,Perbekel serta Ketua TP-PKK Se-Kecamatan Gerokgak, pengurus TPST Karya Bakti Desa Banyupoh,Pengurus TPST Shanti Asri Ds.Sanggalangit,Pengurus TPST Widhi Kencana Desa Sanggalangit,Pengurus TPST Tirta mandala Desa Sumberkima,Ketua KWT Rukun Tani Desa Banyupoh,Ketua KWT Sri Kandi Desa Sanggalangit,Ketua KWT Permata indah Desa Sumberkima;
Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Buleleng (Drh.Nyoman Surya Temaja,MP)memaparkan Program kegiatan yang dirancang Tahun 2018 yaitu penumbuhan rumah pangan lestari (prpl). Dimana Di setiap Dinas diharapkan menyentuh kegiatan ini. Pada tanggal 12 Oktober 2017 lalu telah dilaksanakan gerakan tanam cabai yang di buka oleh Bapak Bupati Buleleng yang dimana dalam kegiatan ini di fokuskan di kecamatan Buleleng. Diharapkan di Tahun 2018 kegiatan gerakan tanam cabai dilaksanakan di semua Desa di Kabupaten Buleleng. Gerakan Tanam Cabai ini dilaksanakan dimana melihat kondisi pertahun yg banyak ada kegiatan nasional dan upacara adat yang menggunakan bahan pokok cabai yg bisa mengakibatkan kesulitan untuk mencari cabai. Disetiap Kecamatan nantinya akan diberikan bibit cabai yang nantinya akan di bagikan ke masing-masing Desa dan kegiatan ini akan di lombakan dan yang menjadi juara akan di berikan penghargaan oleh Bupati Buleleng. Selanjutkan dari Kepala Bidang Konsumsi dan Penganekaragaman Pangan(I Ketut Cantyana,SP)menyampaikan Adapun tujuan dari koordinasi kegiatan ini untuk menguraikan dasar pemikiran, perencanaan dan pelaksanaan optimalisasi pemanfaatan pekarangan di lima Kelompok Wanita Tani (KWT) melalui kawasan rumah pangan lestari (KRPL) merupakan gerakan diverisifikasi pangan melalui optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan berbasis sumberdaya lokal dan pelestarian sumberdaya genetik melalui pengembangan kebun bibit di masing-masing Desa, dan warga masyarakat di masing-masing Desa. Pada hal ini diharapkan seluruh elemen masyarakat bersinergi untuk terlaksananya kegiatan ini.