(0362) 92380
gerokgak@bulelengkab.go.id
Kecamatan Gerokgak

Lomba Siskamling Tingkat Polres Jajaran Polda Bali Tahun 2019

Admin gerokgak | 07 Juni 2019 | 354 kali

Lomba Siskamling Tingkat Polres jajaran Polda Bali Tahun 2019, Jumat (7/6/2019) berlangsung di Desa Gerokgak, Kecamatan Gerokgak.

Rombongan Tim penilai Polda Bali yang dipimpin Kasubdirpolmas Dit Binmas Polda Bali AKBP Drs I Nengah Pawitra didampingi Polres Buleleng yang diwakili Kasat Binmas AKP Ketut Widiasa Sangku disambut dengan iringan Gambelan Baleganjur dan tarian Hanoman.

Kepala Desa Gerokgak I Putu Mangku sangat antusias dan bangga karena Desa Gerokgak ditunjuk untuk mewakili Polres Buleleng dalam Lomba Siskamling di jajaran Polda Bali, menyampaikan Desa Gerokgak berdiri awal di tahun 1815, bermula dari datangnya Sekeha Duelikur pimpinan Jero Balian Diwang, hendak melakukan perabasan hutan  dan memohon kepada Pemerintah untuk dapat dipergunakan sebagai area pemukiman, lahan persawahan dan tegalan. Sesuai dengan namanya, Sekeha Duelikur berjumlah 22 (dua puluh dua).  Sampai saat ini ada 7 Banjar Dinas dengan jumlah penduduk 7.168 jiwa. Serta hubungan dan kerjasama antara pihak kepolisian dengan warga berjalan harmonis dan saling mendukung. Setiap ada permasalahan yang terjadi di desa akan segera diselesaikan, karena masyarakat mau membantu aparat kepolisian dengan berbagi informasi.

AKBP Drs I Nengah Pawitra menyatakan Siskamling yang ada di desa masih terpelihara dengan baik. Tentu hal ini terwujud atas kerjasama, sinkronisasi terhadap komponen-komponen yang ada dan didukung seluruh warganya. Pada pukul 10.00 wita, usai bertatap muka dengan forum, tim penilai melanjutkan menyaksikan peragaaan dari linmas desa dan cerita singkat tentang penanganan situasi dan kondisi yang ada seperti,  terjadi tindak pidana pencurian,pertolongan pertama di tempat kejadian/jatuh dijalan raya dan sigap terhadap kebakaran dirumah warga. Dari peragaan tersebut akan diketahui bagaimana peran dan tugas anggota jaga serta fungsi alat yang ada di Pos Kamling. Selanjutnya tim penilai meninjau komponen pendukung terkait sistem, administrasi dan sarana prasarananya yang ada.

Pada kesempatan ini hadir pula, Camat Gerokgak MADE JUARTAWAN, S.STP, MM bersama Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Gerokgak, DPRD Kabupaten Buleleng Dapil Gerokgak Ketut Ngurah Arya, tokoh adat dan agama, personil dari anggota Danramil, Kepolisian, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Pecalang serta masyarakat.