(0362) 92380
gerokgak@bulelengkab.go.id
Kecamatan Gerokgak

Monitoring Sistem Inovasi Daerah

Admin gerokgak | 24 Oktober 2017 | 630 kali

Senin (23/10),Kepala Seksi Pembangunan (Drs.Putu Arsana) beserta staf Mendampingi Tim monitoring Sistem Inovasi Daerah dari Bappeda Litbang Kabupaten Buleleng di Desa Pejarakan, adapun yang di monitoring adalah pembuatan miniatur kapal laut dan rumah (pembuat miniatur Wayan Soma Adiputra),dimana setiap miniatur kapal laut dan rumah mulai dari tahapan merancang dan membuat pola serta tahap produksi hingga menjadi karya seni yang bernilai tinggi.
Dalam membuat miniatur kapal laut dan rumah, dia menggunakan sejumlah bahan dasar, mulai dari veneer berbahan kayu dan bambu bekas proyek yang telah dibentuk tipis serta lem kayu sebagai perekatnya. Lamanya proses pembuatan miniatur kapal laut dan rumah sangat tergantung pada jenisnya yang dibuat karena harus sangat mirip dengan aslinya.
Kerajinan ini di kerjakan sendiri secara otodidak, untuk harga miniatur kapal laut yg berukuran besar berkisar antara Rp.500.000 untuk ukuran kecil sekitar Rp. 400.000 dan untuk rumah pohon dijual dengan harga Rp.600.000 ukuran besar dan yg kecil Rp.200.000.
Dikenalnya kerajinan ini setelah mengikuti acara  acara Lomba Desa Pakraman di Desa Pejarakan, sehingga ada beberapa orang yang memesan langsung, pemasaran secara online selama ini belum pernah dilakukan karena keterbatasannya akan perkembangan teknologi.