(0362) 92380
gerokgak@bulelengkab.go.id
Kecamatan Gerokgak

Pengukuhan Bank Sampah

Admin gerokgak | 25 Agustus 2020 | 95 kali

Hari ini, Selasa 25 Agustus 2020. Bertempat di Aula Desa Banyupoh dilaksanakan pengukuhan Bank Sampah oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng Bapak Putu Ariadi Pribadi, S. STP, MAP.

Camat Gerokgak Bapak  Made Juartawan, S.STP, MM., dalam sambutannya menyampaikan agar Bank Sampah yang sudah terbentuk dan hari ini menerima SK agar betul-betul memiliki komitmen yang kuat untuk mengelola sampah khususnya sampah plastik sehingga wilayah Kecamatan Gerokgak bisa berkurang timbulan sampah, khususnya sampah plastik. Kebijakan APBDES pada saat Evaluasi APBDES juga sudah diarahkan masing-masing Desa untuk penanganan sampah di wilayahnya masing- masing.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng Bapak Putu Ariadi Pribadi, S. STP, MAP.,  dalam sambutannya berharap agar Bank Sampah yang sudah dikukuhkan agar optimal dalam pengelolaan sampah yang bernilai ekonomi. Sedangkan yang tidak bernilai ekonomi, bisa difungsikan untuk kepentingan pupuk organik. Selain itu diejelaskan pula mengenai tata cara penanganan sampah, serta peran BUMDES atau BUPDA. Dengan Bank Sampah yang dikukuhkan sebanyak 34 Bank Sampah, yang terdiri atas 9 Bank Sampah Desa dan 24 Bank Sampah Sekolah.

Dalam acara sosialisasi disampaikan juga dari Penyuluh Lingkungan Bapak Ketut Budiasa dan Pengelola Bank Sampah Induk ( BSI ) oleh Bagus Made Suwija.