(0362) 92380
gerokgak@bulelengkab.go.id
Kecamatan Gerokgak

Rapat Koordinasi Kecamatan terkait Pelaksanaan Sensus Penduduk Tahun 2020

Admin gerokgak | 10 Februari 2020 | 487 kali

Camat Gerokgak,  Made Juartawan, S.STP, MM didampingi Kasubag Tata Usaha BPS Kabupaten Buleleng dan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Gerokgak dalam Rapat Koordinasi Kecamatan terkait pelaksanaan Sensus Penduduk Tahun 2020 Kabupaten Buleleng yang berlangsung di Ruang Rapat Nithi Sabha Kantor Camat Gerokgak,  senin (10/2).

Dalam sambutannya Camat Gerokgak menyampaikan, SP2020 Merupakan penyelenggaraan kegiatan pendataan lengkap seluruh penduduk Indonesia yang ke-7 sejak tahun 1961 yang bertujuan untuk menyediakan data, Jumlah komposisi, persebaran dan karakteristik penduduk Indonesia sebagai dasar dalam menetapkan perencanaan dan kebijakan pemerintah. Pada pelaksanaan SP2020 Badan Pusat Statistik (BPS) melakukan Inovasi dan pembaruan metode pembandingan enam sensus penduduk sebelumnya. SP2020 akan menggunakan metode kombinasi, yaitu pemanfaatan data administrasi kependudukan adminduk dari Direktorat Jenderal kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia sebagai, data dasar untuk pendataan penduduk secara lengkap dan pemanfaatan berbagai jenis pengumpulan data yang menggunakan Gadget. Inovasi ini dilakukan untuk menghadapi tantangan dinamika kependudukan yang terjadi selama 10 tahun.

Sensus Penduduk 2020 akan dilaksanakan dalam dua periode:

  1. Periode pertama adalah sensus penduduk online yaitu seluruh penduduk Indonesia dapat secara aktif mengisikan data kependudukan secara mandiri melalui halaman website sensus.bps.go.id pada 15 Februari sampai dengan 31 Maret 2020
  2. Periode kedua yaitu kegiatan verifikasi dan pencacahan lapangan yang akan dilaksanakan pada tanggal 1 sampai dengan 31 Juli 2020 sebelum dilakukan pencetakan lapangan akan dilakukan verifikasi lapangan

Pada kegiatan verifikasi lapangan petugas sensus akan melakukan pengecekan keberadaan penduduk berdasarkan daftar penduduk pengecekan ke lapangan dan menyisir bersama Kepala Dusun setempat sementara pada tahap pencacahan petugas sensus mendatangi penduduk yang belum melakukan sensus penduduk online diharapkan kepada hadirin membantu untuk melancarkan proses verifikasi dan pencacahan di lapangan. Kegiatan sensus penduduk 2020 ini sangat penting. Peran serta hadirin semua merupakan kunci kesuksesan SP2020 di wilayah Kecamatan Gerokgak ini. Seperti yang telah dikemukakan sebelumnya hasil sensus penduduk ini akan dijadikan dasar perumusan kebijakan pemerintah untuk perencanaan pembangunan dengan mengetahui jumlah penduduk suatu wilayah berdasarkan jenis kelamin, kelompok umur, pendidikan yang ditamatkan maka pemerintah baik pusat maupun daerah bisa memperoleh gambaran tentang kebutuhan suatu wilayah setelah hasil akhir 2020 keluar, data hasil tersebut dapat digunakan oleh sebagai dasar perencanaan pembangunan di dalam menentukan kebijakan keputusan yang lebih tepat sasaran untuk diimplementasikan kepada masyarakat misalkan untuk menentukan apabila wilayah tersebut perlu membangun atau menambah fasilitas publik seperti sekolah Rumah Sakit infrastruktur seperti Jalan Jembatan dan lain-lain.

Oleh karena itu pelaksanaan SP2020 ini sangat membutuhkan keterlibatan kita terutama aparat pemerintah wilayah administrasi terkecil yang bersentuhan langsung dengan masyarakat kunci sukses penyelenggaraan SP2020 ini adalah koordinasi intensif dengan setiap Kementerian lembaga dan organisasi perangkat daerah serta jajaran pemerintahan pusat dan daerah baik sensus penduduk online maupun wawancara akan melibatkan Lurah dan kepala Dusun atau lingkungan setempat. Oleh karena itu Camat Gerokgak menginstruksikan kepada lurah dan Perbekel di kecamatan untuk mendukung dalam kegiatan SP2020 seperti:

  1. Menyebarluaskan informasi mengenai SP2020 di berbagai kesempatan dan media diantaranya seperti forum masyarakat dan termasuk WhatsApp Group.
  2. membantu memasang dan menyebarkan publisitas SP2020 di berbagai tempat di antaranya, banner, poster dan poster leaflet.
  3. Mengajak warga masyarakat untuk berpartisipasi dalam sensus penduduk online.
  4. Membantu petugas sensus pada pelaksanaan sensus penduduk wawancara
  5. Memberikan arahan dan membuat surat edaran untuk kepala dusun untuk memberikan arahan mengenai perannya dalam SP2020.

Adapun pemateri yang disampikan oleh pihak BPS (Nyoman Subaktiasa), terkait Sensus Pendudukung yang dilakukan 2 cara yakni, Sensus Penduduk Online dan Sensus Penduduk Wawancara, Apa itu sensus penduduk dan tujuan Sensus Penduduk.

Turut hadir, BPS Kabupaten Buleleng, Plt. Kasi Pelayanan Umum Terpadu dan Kasi Linmas Trantib dan Sat. Pol. PP Kecamatan Gerokgak dan Perbekel se Kecamatan Gerokgak.