(0362) 92380
gerokgak@bulelengkab.go.id
Kecamatan Gerokgak

Rapat Koordinasi Program Inovasi Desa (PID) Tahap II

Admin gerokgak | 01 November 2019 | 313 kali

Kamis, 31 Oktober 2019, Kepala Seksi Pembangunan Kecamatan Gerokgak (Drs. I Putu Arsana) bersama Sekretaris TPID Kecamatan Gerokgak dalam kegiatan rapat koordinasi Program Inovasi Desa (PID) Tahap II yang bertempat di Hotel The Jayakarta Legian-Kuta, kegiatan tersebut berlangsung dari tanggal 31 Oktober s/d 3 November 2019. Adapun Tema dari rapat tersebut adalah “Melalui Inovasi Desa Mempercepat Kesejahteraan Masyarakat”.

Pada rakor tersebut hadir, Direktur Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kemendes RI, Kepala Dinas PMD Provinsi Bali, Kepala Dinas PMD Kabupaten/kota se-Bali, Camat Se-Provinsi Bali, Konsultan Pendampingan Wilayah (KPW), Tenaga Ahli,Ketua Forum Perbekel Provinsi Bali, dan TPID Se-Provinsi Bali.

Penyampaian pemaparan dari Kepala Dinas PMD Provinsi Bali dimana dalam pemaparannya disampaikan Rakor Tahap II merupakan evaluasi terhadap kegiatan Tahap I,  Program Inovasi Desa ini diharapkan akan berlanjut di tahun berikutnya karena dampak baiknya sangat dirasakan pada saat pendampingan.  Realisasi penggunaan Dana Desa Tahun 2015-2019 mencapai 100%.

Setelah sambutan dari Kepala Dinas PMD kemudian dilanjutkan dengan pemaparan dari Direktur Pemberdayaan Maayarakat dan Desa Kemendes RI yang sekaligus membuka acara, dimana dalam pemaparannya di sampaikan bahwa dana desa di tahun 2019-2020 akan berfokus pada pengembangan dan peningkatan kualitas SDM, ini dilihat dari komitmen Presiden RI dalam membangun Desa. Bali merupakan Pusat Inovasi Desa yang sangat cocok dan mungkin untuk di replikasi oleh daerah lain. Selain itu disampaikan pula untuk meningkatkan kualitas pendidikan mulai dari sejak dini untuk mencegah adanya anak stunting di desa. Peran strategis pemerintah Kabupaten, Provinsi, maupun Pusat untuk membangun desa melalui pendampingan.