(0362) 92380
gerokgak@bulelengkab.go.id
Kecamatan Gerokgak

Rembug Stunting Desa Pejarakan

Admin gerokgak | 25 September 2019 | 250 kali

Rembug Stunting di Desa Pejarakan pada hari rabu, 25 september 2019. Pada rembug stunting ini dihadiri Kepala Seksi Pembangunan Kecamatan Gerokgak, Pendamping Desa Kecamatan Gerokgak, Ketua Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Gerokgak, Perwakilan Puskesmas Gerokgak II, Plh. Perbekel Pejarakan, Bidan Desa Pejarakan, Kelian Banjar Dinas se Pejarakan, Kader Kesling, Kader Posyandu, Kader PHBS, LPM, Kelian Desa Pakraman, Karang Taruna, dan Panitia Pamsimas.  Adapun hal yang di bahas dalam rembug stunting di Desa Pejarakan, data ibu hamil sebanyak 139, ibu hamil menyusui sebanyak 23, anak usia 12 bulan kebawah sebanyak 9, dan anak usia 0-23 bulan sebanyak 275.

Kegiatan Rembug stunting ini juga merupakan langkah untuk pencegahan agar anak tidak mengalami gizi buruk atau kekerdilan tumbuh kembang anak dan rembug stunting agar bisa dianggarkan pada  RKP tahun 2020.  Adapun cara pencegahan stunting, 1. Menghindari pernikahan dini, 2. Prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), 3. Pemberian vitamin pada ibu hamil mulai dari 1000 hari kehidupan, 4. Pemberian Vitamin anak remaja putri.

Untuk kelas ibu hamil di Desa Pejarakan ada 2 pembiayaan  yaitu pertama pembiayaan oleh puskesmas dan yang ke dua oleh desa, dalam sekali kelas ibu hamil ada 10 ibu hamil, pada kelas ibu hamil mendapatkan  konsumsi berupa susu, buah, dan snack, dengan tingkat kehadiran hampir mencapai 100%.  Untuk kegiatan Posyandu di Desa Pejarakan ada 10 Posyandu diantaranya posyandu (posyandu lansia dan posbindu).