(0362) 92380
gerokgak@bulelengkab.go.id
Kecamatan Gerokgak

Sosialisasi Program Eco Enzyme

Admin gerokgak | 11 Februari 2020 | 343 kali

Camat Gerokgak ( Made Juartawan, S.STP, MM ) didampingi  Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Gerokgak dan Plt. Kasi Pelayanan Umum Terpadu Kecamatan Gerokgak dalam Sosialisasi Program Eco Enzyme oleh Indonesia Vegetarian Society (IVS) dan Vegan Society of Indonesia (VSI) yang berlangsung di Ruang Rapat Nithi Sabha Kantor Camat Gerokgak, Selasa (11/2).

Dalam sambutannya Camat Gerokgak Made Juartawan menyampaikan, turut mendukung program ini untuk masyarakat khususunya di Wilayah Kecamatan Gerokgak dan tidak hanya itu program sosialisasi Eco Enzyme akan menjadi salah satu solusi penanggulangan sampah yang dimulai dari tingkat rumah tangga.

Tim dari Indonesia Vegetarian Society (IVS) dan Vegan Society of Indonesia (VSI) menyampaikan terkait penemuan Eco Enzyme yakni, (Dr. Rosukon Poompanvong) sekaligus pendiri dari Asosiasi Pertanian Organik Thailand. Eco Enzyme merupakan cairan multifungsi yang dihasilkan dari sampah organik limbah dapur, proses fermentasinya yang sangat mudah bahannya dari gula merah, air dan sampah organik saja lantas dicampur dalam satu wadah dengan penutup kedap udara, dari hasil fermentasi Eco Enzyme menghasilkan Gas O3 atau Ozon, mengurangi CO2 serta mengurangi pemanasan global dampak menakjubkan lagi dari Eco Enzyme adalah mampu memurnikan 1.000 liter air sungai yang terkontaminasi hanya dengan menggunakan 1 liter cairan Sapu Jagad, sangat ajaib cairan ini disebut cairan Sapu Jagat dan multifungsi serta menghasilkan Gas O3 atau Ozon mengurangi CO2 dan setiap kita membuat Eco Enzyme sama juga kita menanam 10 pohon. Adapun takaran membuat Eco Enzyme, perbandingan takaran Limbah : Gula : Air = 3 : 1 :10. Dengan bahan limbah organic berupa, kulit buah atau sayur, gula merah dan air. Adapun lama fermentasi yakni selama 3 bulan dengan wadah kedap udara yang terbuat dari plastic.

Penggiat Eco Enzyme berharap masyarakat semakin peduli terhadap lingkungan salah satunya mencoba menerapkan program Eco Enzyme tersebut yang dimulai dari rumah tangga. Turut hadir, Korwil Pendidikan Kecamatan Gerokgak, Puskesmas Gerokgak I, dan Ketua TP. PKK Desa se-Kecamatan Gerokgak.