(0362) 92380
gerokgak@bulelengkab.go.id
Kecamatan Gerokgak

Sosialisasi Clearing House

Admin gerokgak | 28 September 2021 | 37 kali

Sosialisasi clearing house yang dilaksanakan secara daring dibuka oleh Kepala Bagian Pengadaan Barang Jasa Setda Kabupaten Buleleng. Clearing house pengadaan merupakan forum untuk menyelesaikan permasalahan pengadaan dengan melibatkan pemangku kepentingan dan pihak lain yang dibutuhkan, sehingga dapat memberikan solusi yang komprehensif. yang melatarbelakangi forum ini yaitu koordinasi yang kurang efektif, ragu dalam pengambilan keputusan, banyaknya tekanan dalam proses pengadaan.

 

Dari latar belakang tersebut maka clearing house bertujuan untuk mempercepat pengambilan keputusan secara komprehensif, efektif , dan transparan, meningkatkan kapabilitas klpd dalam menyelesaikan permasalahan pengadaan, mengurangi resiko sanggah, pengaduan dan permasalahan hukum serta menjaga kepercayaan publik tentang proses pengadaan.

 

Disampaikan juga oleh narasumber dari LKPP RI Ibu Novi kriteria permasalahan pada forum yaitu :

- Pengadaan Strategis

- Pengadan Beresiko Tinggi

- Pengadaan Khusus

- Waktu Yang Urgent

 

Untuk pemerintah kabupaten buleleng sudah membentuk forum diskusi pengadaan yang difasilitasi oleh bagian pengadaan barang dan jasa setda kabupaten buleleng, dan di tahun ini adalah tahapan sosialisasi dan nantinya di tahun berikutnya akan diadakan bimtek bagi para anggota clearing house.