(0362) 92380
gerokgak@bulelengkab.go.id
Kecamatan Gerokgak

Berita Hoax 25 Oktober 2021

Admin gerokgak | 25 Oktober 2021 | 417 kali

Masih masifnya berita hoax di media sosial dewasa ini yang menyebabkan keresahan warga, namun bukan berarti Pemerintah berpaku tangan dan tetap melakukan investigasi terhadap isu hoax yang terus berhembus dan oleh sebab itu kami meneruskan Laporan Isu Hoaks Harian Direktorat Pengendalian Aplikasi Informatika Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika 25 Oktober 2021 yang dirangkum oleh Tim CIRT Pemerintah Kabupaten Buleleng, sebagai berikut ;

 

 

1.    HOAKS] Undangan Seminar Mengatasnamakan Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia

Beredar sebuah surat undangan seminar yang mengatasnamakan Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI). Undangan seminar dengan tema "Tantangan Administrasi Negara dan Pencegahan Korupsi di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Mewujudkan World Class Government Untuk Mendukung Visi Indonesia Maju Yang Berdaulat, Mandiri, dan Berkepribadian Berlandaskan Gotong Royong" tersebut, akan dilaksanakan pada tanggal 09-11 November 2021 di Kota Bogor. Dalam undangan tersebut juga terdapat keterangan biaya sebesar Rp6.5 juta yang harus dibayarkan ke rekening Bank Mandiri dengan nomor 173-00-1058221-9 atas nama Rudi Purwanto SE sebagai syarat untuk mengikuti kegiatan seminar tersebut.

Faktanya, surat undangan seminar yang mengatasnamakan Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI) tersebut adalah hoaks. Dilansir dari akun media sosial resmi milik LAN RI, pihaknya tidak pernah menyelenggarakan kegiatan sebagaimana yang tertera pada surat undangan tersebut. LAN RI mengimbau kepada seluruh stakeholder, agar berhati-hati dan dapat mengonfirmasi melalui Humas LAN RI apabila memperoleh informasi yang mencurigakan seperti ini, menyalahgunakan nama institusi dan pimpinan LAN RI. Apabila terdapat hal yang kurang jelas atau mencurigakan, jadikan Humas LAN RI sebagai acuan informasi yang paling sah dan valid.

Link Sumber

https://www.instagram.com/p/CVSPUOZPi41/

https://twitter.com/LAN_RI/status/1451115238397411330

https://www.facebook.com/photo/?fbid=239542414871488&set=a.224640939694969

 

 

2.    [DISINFORMASI] Seorang Pria di Cina Menghancurkan Mesin Verifikasi Paspor Vaksin di Bandara

Beredar sebuah video dengan keterangan berbahasa asing yang menyebut kejadian seorang laki-laki menghancurkan mesin verifikasi paspor vaksin Covid-19 di sebuah bandara.

Faktanya, dilansir dari AFP, keterangan pada video tersebut adalah keliru. Berdasarkan hasil penelusuran, diketahui video tersebut merupakan video lama yang direkam pada 15 Desember 2018, jauh sebelum adanya vaksin Covid-19. Video yang sama dengan durasi lebih panjang juga ditemukan pada unggahan YouTube pada 10 Januari 2019. Deskripsi video bertuliskan "dia merusak lima mesin check-in mandiri di dekatnya dalam waktu sekitar dua menit dengan menendangnya atau menghancurkannya dengan tas koper."

 

3.    [HOAKS] Knalpot Bodong Sitaan Tilang Dijual secara Online

Beredar di media sosial TikTok sebuah unggahan video yang menuding knalpot bodong hasil tilang di Kota Medan, dijual secara online di sebuah marketplace. 

Faktanya, dilansir dari inews.id, Kasat Lantas Polrestabes Medan, AKBP Sonny W. Siregar membantah penjualan knalpot hasil sitaan tersebut dan menegaskan bahwa video tersebut adalah hoaks. Pihak Kepolisian saat ini tengah melakukan penyelidikan terkait video viral tersebut. Sonny W. Siregar mengatakan, tidak mungkin knalpot yang ditahan hasil razia dijual petugas. "Semua knalpot brong hasil tangkapan diletakkan di jaring besi yang di pohon itu. Gak mungkin petugas menjualnya kembali, knalpot yang dilepas diberi label" ucapnya. 

 

4.    [DISINFORMASI] Video Kecelakaan hingga Kepala Korban Putus di Batam

Beredar di berbagai media sosial, video kecelakaan lalu lintas yang menunjukkan pengendara motor dengan kondisi mengenaskan hingga kepalanya terputus. Video tersebut viral lantaran penyebaran video dibarengi dengan beberapa video lainnya yang memperlihatkan kecelakaan yang terjadi di simpang Fly Over atau Laluan Madani Batam. 

Berdasarkan penelusuran, Kasat Lantas Polresta Barelang, Kompol Ricky Firmansyah mengonfirmasi bahwa tidak ada kecelakaan dengan korban mengalami putus kepala di bawah jembatan fly over Simpang Jam dan dipastikan itu adalah hoaks. Pihaknya tidak menerima laporan kecelakaan hingga merenggut korban jiwa itu. Ricky menyebutkan bahwa ada kecelakaan di lokasi tersebut pada Selasa, 19 Oktober 2020 pagi, yang melibatkan dua kendaraan yaitu mobil Suzuki Ertiga warna putih dengan sepeda motor Yamaha N-Max, namun korban hanya mengalami luka ringan dan sudah ditangani Unit Laka. Dia mengimbau masyarakat untuk tidak mudah percaya informasi kecelakaan yang menunjukkan kepala korban yang putus tanpa sumber jelas.

 

5.    [HOAKS] Akun Facebook Mengatasnamakan Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid, S.E., M.M., Ph.D.

Beredar di media sosial Facebook sebuah akun yang mengatasnamakan Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid, S.E., M.M., Ph.D. Akun tersebut mencatut foto profil Bupati Nunukan yang sedang memakai pakaian dinas lengkap. 

Berdasarkan klarifikasi Hj. Asmin Laura Hafid, S.E., M.M., Ph.D. melalui akun media sosial resmi Pemkab Nunukan, dirinya menegaskan bahwa akun Facebook yang mengatasnamakan Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid, S.E., M.M., Ph.D. tersebut bukan dirinya karena dirinya tidak memiliki akun Facebook sama sekali. Ia mengaku sering mendapat laporan bahwa ada akun mengatasnamakan dirinya yang mengirimkan pesan meminta bantuan ke masyarakat, maka dari itu masyarakat diimbau untuk tidak melayani permintaan seperti itu. Menurut Hj. Asmin Laura Hafid, S.E., M.M., Ph.D. dirinya saat ini hanya mengelola akun media sosial Instagram @laurafoundation sebagai media untuk mengelola kegiatan-kegiatan sosial bagi masyarakat yang membutuhkan.

 

6.    [HOAKS] Akun WhatsApp Mengatasnamakan Kepala Dinas Perhubungan Kota Bengkulu

Beredar di media sosial, akun WhatsApp yang mengatasnamakan Kepala Dinas Perhubungan Kota Bengkulu, Hendri Kurniawan. Dari tangkapan layar yang beredar, akun palsu tersebut memakai foto profil Hendri Kurniawan, serta mengirimi pesan ke beberapa pejabat, diantaranya Kasi Perlengkapan Jalan dan Kasi PJU.

Saat dikonfirmasi oleh tim Media Center Dinas Kominfosan Kota Bengkulu, Hendri membenarkan bahwa dirinya juga dikirimi pesan oleh akun yang mengatasnamakan dirinya itu. Hendri mengatakan bahwa oknum tersebut menanyakan kabar, lalu kemudian menanyakan serta menawarkan soal pekerjaan-pekerjaan dengan pihak ketiga. Sementara itu, Kadis Kominfosan Kota Bengkulu Eko Agusrianto yang juga menjabat Plt. Asisten I mengimbau khususnya kepada seluruh pejabat eselon II yang baru dilantik agar waspada. Karena, akhir-akhir ini sering terjadi kasus penipuan yang mengatasnamakan pejabat dengan menggunakan nomor handphone palsu atau akun media sosial palsu.

7.    [HOAKS] Link Survei Berhadiah Rp2 Juta HUT ke-60 Indofood

Beredar sebuah situs yang berisikan informasi hadiah Rp2 juta terkait HUT ke-60 Indofood.

Dikutip dari medcom.id, klaim bahwa situs berhadiah terkait HUT ke-60 Indofood, adalah salah. Faktanya, informasi tersebut adalah hoaks lama yang kembali beredar di tengah masyarakat dengan sedikit perbedaan.