(0362) 92380
gerokgak@bulelengkab.go.id
Kecamatan Gerokgak

Isu Hoaks 05 Maret 2022

Admin gerokgak | 05 Maret 2022 | 262 kali

Masih masifnya berita hoax di media sosial dewasa ini yang menyebabkan keresahan warga, namun bukan berarti Pemerintah berpaku tangan dan tetap melakukan investigasi terhadap isu hoax yang terus berhembus dan oleh sebab itu kami meneruskan Laporan Isu Hoaks Harian Direktorat Pengendalian Aplikasi Informatika Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika 05 Maret 2022 yang dirangkum oleh Tim CIRT Pemerintah Kabupaten Buleleng, sebagai berikut ;

 

 

1.    [HOAKS] Kulit Bayi Baru Lahir Melepuh karena Sang Ibu Divaksin Covid-19

Sebuah akun Facebook diketahui mengunggah gambar seorang bayi yang kulit paha dan punggungnya memerah. Kulit bayi itu diklaim melepuh karena efek dari vaksin yang diterima sang ibu.

Faktanya, menurut Dokter Spesialis Patologi Klinik Rumah Sakit (RS) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, dr. Tonang Dwi Ardyanto, Sp.PK(K), Ph.D, FISQua sampai saat ini tidak ada bukti vaksinasi Covid-19 saat hamil dapat menyebabkan kulit bayi yang baru lahir melepuh. Ia juga menyebut gangguan pada kulit bayi ada beberapa jenis. Pertama, Hemolytic Disease of Newborn (HDN) yaitu penggumpalan dan pecahnya (lisis) eritrosit (sel darah merah) janin atau bayi baru lahir. Hal ini diakibatkan ketidakcocokan (inkompatibilitas golongan darah rhesus) antara ibu dan janin yang dikandungnya. Ketidakcocokan itu memicu reaksi imunologi, berujung pada penggumpalan dan pecahnya sel darah merah janin. Kedua, Staphylococcal Scalded Skin Syndrome (S4). Hal ini terjadi karena infeksi oleh bakteri Staphylococcus Aureus. Bakteri tersebut memicu peradangan berat hingga kulit bisa mengelupas.  Kedua penyakit tersebut, tidak berhubungan dengan pemberian vaksin Covid-19 pada ibu hamil. Sebelum era Covid-19 pun, ibu hamil kadang diberikan vaksinasi Tetanus Toksoid untuk mencegah risiko infeksi tetanus. 

Link Sumber

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4901343/cek-fakta-tidak-terbukti-kulit-bayi-baru-lahir-melepuh-karena-sang-ibu-divaksin-covid-19?medium=Headline&campaign=Headline_click_1

 

2.    [HOAKS] Penerima Dana Bantuan Rp75 Juta Mengatasnamakan BPJS Kesehatan

Beredar sebuah pesan WhatsApp yang mengatasnamakan BPJS Kesehatan, pesan tersebut berisi pelanggan yang terpilih sebagai penerima dana bantuan sebesar Rp75 juta.

Faktanya, melalui akun Twitter resmi BPJS Kesehatan RI @BPJSKesehatanRI mengklarifikasi bahwa BPJS Kesehatan tidak mengeluarkan dana bantuan apapun. BPJS Kesehatan mengimbau kepada masyarakat untuk hati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan BPJS Kesehatan. 

Link Sumber

https://twitter.com/BPJSKesehatanRI/status/1497419942596997120

 

 

3.    [HOAKS] Pemerintah Republik Indonesia Minta Masyarakat Ikut Wajib Militer Antisipasi Perang Dunia Ketiga

Beredar di media sosial TikTok sebuah video yang berisi tangkapan layar dari sebuah artikel di kompas.com. Tangkapan layar tersebut memuat judul artikel "PERANG RUSIA-UKRAINA PECAH PEMERINTAH AJAK MASYARAKAT IKUT WAJIB MILITER GUNA ANTISIPASI PERANG DUNIA KE-3" dengan narasi unggahan "help indonesia #rusia #ukraine #fyp". 

Dilansir dari timesindonesia.co.id, informasi tentang Pemerintah Republik Indonesia meminta masyarakat untuk mengikuti wajib militer sebagai antisipasi perang dunia ketiga adalah tidak benar. Setelah dilakukan penelusuran dengan melakukan pencarian artikel mengacu pada tanggal artikel, diketahui judul artikel pada tangkapan layar tersebut telah disunting dari judul aslinya yaitu "Serangan Rusia ke Ukraina Bisa Picu Perang Dunia III, Pengamat Minta Presiden Jokowi Bertindak".

Link Sumber

https://www.timesindonesia.co.id/read/news/398771/cek-fakta-pemerintah-ri-minta-masyarakat-ikut-wajib-militer-antisipasi-perang-dunia-ketiga

https://www.antaranews.com/berita/2732569/hoaks-jokowi-ajak-masyarakat-ikut-wajib-militer-antisipasi-perang-dunia

 

4.    [HOAKS] Lowongan Pekerjaan BUMN PT Pupuk Indonesia (Persero) 2022

Beredar sebuah flyer berupa informasi rekrutmen BUMN PT Pupuk Indonesia (Persero). Dituliskan pada flyer tersebut bahwa PT Pupuk Indonesia (Persero) membuka program Agronomis Program Makmur dengan maksimal usia 30 Tahun untuk ditempatkan di berbagai provinsi di Indonesia.

Faktanya, informasi rekrutmen BUMN PT Pupuk Indonesia (Persero) pada flyer tersebut adalah tidak benar dan bukan merupakan rilis resmi yang dikeluarkan oleh PT Pupuk Indonesia (Persero). Pada media sosial resmi milik PT Pupuk Indonesia (Persero) @pt.pupukindonesia ditegaskan bahwa informasi yang termuat pada flyer tersebut adalah hoaks. PT Pupuk Indonesia (Persero) mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai informasi mengenai PT Pupuk Indonesia (Persero) yang bukan didapatkan dari kanal-kanal resmi milik PT Pupuk Indonesia (Persero).

 

Link Sumber

https://www.instagram.com/p/CagiuKGBTNZ/?utm_medium=copy_link

 

5.    [HOAKS] Video TNI Bantu Ukraina Gempur Militer Rusia

Beredar video di media sosial YouTube yang menyebutkan bahwa Tentara Nasional Indonesia (TNI) membantu Ukraina menggempur militer Rusia.

Dilansir dari medcom.id, klaim Tentara Nasional Indonesia (TNI) membantu Ukraina menggempur militer Rusia adalah tidak benar. Faktanya, tidak ada bukti visual dan konfirmasi pihak terkait bahwa benar TNI ikut terlibat dalam konflik Rusia versus Ukraina. Video tersebut hanya membahas pendapat pengamat agar Indonesia membantu Ukraina terkait konflik Rusia versus Ukraina.

 

Link Sumber

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/VNnggMJb-cek-fakta-video-tni-bantu-ukraina-gempur-militer-rusia-ini-faktanya

 

6.    [DISINFORMASI] Video Konvoi Motor Menggunakan TOA Masjid Jadi Knalpot Dikaitkan dengan SE Menag Nomor 05 Tahun 2022 Terkait Penggunaan Pengeras Suara

Beredar di media sosial Facebook, sebuah video pendek yang menampilkan sekelompok anak muda sedang konvoi dengan menggunakan motor modifikasi bagian knalpot diganti dengan TOA masjid. Video tersebut dikaitkan dengan Surat Edaran Menteri Agama tentang Pedoman Penggunaan Pengeras Suara di Masjid dan Musala yang sedang ramai diperbincangkan. Adapun narasinya berbunyi "Speaker Masjid yang disuruh turunin suaranya sekarang jadi kenyataan...turun dijalan...gak lagi diatas".

Setelah dilakukan penelusuran, video yang beredar tersebut merupakan video lama pada tahun 2018 di Wonosobo, jauh sebelum Surat Edaran Menteri Agama tentang Pedoman Penggunaan Pengeras Suara di Masjid dan Musala.

Link Sumber

https://today.line.me/id/v2/article/a1LGQ6

https://www.viva.co.id/trending/1431269-viral-parade-motor-knalpot-corong-besar-bikin-berisik?page=all&utm_medium=all-page

 

7.    [DISINFORMASI] Varian Omicron Sengaja Disebarkan Melalui Chemtrail

Beredar video pendek di media sosial TikTok yang bernarasikan bahwa varian Omicron sengaja disebarkan melalui chemtrail. Video berdurasi 9 detik itu memuat tiga foto berbeda. Pertama, menunjukkan produk berbungkus plastik bertuliskan Omikron. Kedua, foto sebuah pesawat yang berisi penuh dengan tabung dan foto ketiga adalah seorang pilot yang memegang stiker dengan hashtag: #TeamChemtrail.

Faktanya menunjukkan bahwa tiga foto yang dikolase dalam video itu tidak berkaitan satu sama lain, juga tidak berkaitan dengan munculnya varian Omicron. Nama Omikron dalam foto tersebut adalah nama merek perusahaan di Italia yang memproduksi material untuk plastik, produk otomotif dan lain-lain. Foto yang memperlihatkan tabung-tabung dalam badan pesawat ini, diambil dari foto karya fotografer Raimund Stehmann yang diambil pada 18 Oktober 2006. Sedangkan logo stiker yang dipegang pilot ini tertulis: TeamChemtrail #Spray and Pray merupakan badge yang diperjualbelikan secara online untuk mengolok-olok pendukung konspirasi chemtrail.

Link Sumber

https://cekfakta.tempo.co/fakta/1652/keliru-omicron-sengaja-disebarkan-melalui-chemtrail

 

8.    [HOAKS] Undian Berhadiah Bimoli Ulang Tahun ke-50

Beredar sebuah pesan berantai di media sosial WhatsApp undian berhadiah Bimoli sebagai perayaan ulang tahun ke-50 tahun di 2022.

Faktanya dilansir dariLiputan6.com, melalui akun resmi Bimoli di Instagram @kilaubimoli yang sudah bercentang biru atau terverifikasi itu terdapat bantahan pada pesan berantai yang beredar. Selain itu dalam situs  resmi Bimoli,Bimoli.com dijelaskan bahwa Bimoli mulai dipasarkan pada era 1970-an. Artinya Bimoli saat ini sudah berusia lebih dari 50 tahun. Jika diperhatikan maka akan diketahui bahwa link yang tersebar tidak menggunakan nama domain resmi Bimoli.

Link Sumber

https://sumsel.tribunnews.com/2022/03/03/viral-undian-berhadiah-bimoli-ulang-tahun-atau-anniversary-ke-50-thn-di-2022-hati-hati-hoax

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4901669/cek-fakta-hoaks-bimoli-bagikan-uang-rp-2-juta-dalam-rangka-ulang-tahun-ke-50

 

9.    [DISINFORMASI] Foto Menteri Agama Yaqut dengan Seorang Perempuan

Beredar di media sosial Facebook sebuah foto memperlihatkan seorang pria mirip Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dengan seorang perempuan.

Faktanya, klaim bahwa foto itu memperlihatkan Menteri Yaqut adalah salah. Foto tersebut merupakan foto suntingan. Foto ini diketahui pernah beredar pada November 2020. Situs cek fakta Turnbackhoax.id turut memastikan foto itu bukan Menteri Yaqut.

 

Link Sumber

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/yKXqjBEN-cek-fakta-foto-menteri-yaqut-dengan-seorang-perempuan-ini-faktanya

https://turnbackhoax.id/2020/11/03/salah-foto-duta-syahwat-oleh-kader-nu/

 

10. [HOAKS] Akun WhatsApp Mengatasnamakan Telkom Indonesia

Beredar tangkapan layar akun WhatsApp yang mengatasnamakan Telkom Indonesia dan terlihat menghubungi salah satu pelanggannya.

Faktanya, melalui akun resmi Twitter Indihome @IndiHomeCare mengklarifikasi bahwa hal tersebut merupakan penipuan, karena nomor telepon tersebut bukan merupakan nomor resmi milik Telkom Indonesia.

 

Link Sumber

https://socmed.indihome.co.id/tw/?stream=89vxUlnvAs31

https://twitter.com/IndiHomeCare/status/1499310755652726784?t=BQ2FfHhrac3Gx26h_MNytQ&s=19